Kamis, 06 Desember 2012

Delima begitu berkhasiat


Mungkin anda sudah tidak asing lagi bila mendengar kata delima, ya, di sini akan di bahas tentang manfaaf buah delima, Buah delima cukup banyak manfaafnya untuk tubuh kita, Buah delima nama lati yaitu (punica granatum), buah ini adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.
Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Buah Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Buah Delima ada tiga macam, yaitu buah delima putih, buah delima merah, dan buah delima ungu.
Buah  dapat menghambat penggerakan sel kanker dan melemahkan pengaruh protein yang diproduksi oleh tulang sumsum yang beresiko munculnya kanker prostat dan menyebar ke tulang pada jus buah delima. Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat.
Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa diaplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang. Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung.
Buah delima juga memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau dengan kandungan flavanoid yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit. Berikut ini adalah manfaat dan Khasiat Buah Delima.
Manfaat dan khasiat buah delima untuk tubuh kita 
Mencegah dan mengobati kanker
Buah delima memiliki khasiat mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker. Sari buah delima dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara sementara membiarkan sel-sel sehat. Buah delima juga dapat mencegah pembentukan sel kanker payudara. Biji buah delima yang kaya polifenol mempromosikan pemulihan sel-sel leukemia kembali menjadi normal. 
Menurunkan kolesterol buruk
Antioksida dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat). Hal ini menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).
Menurunkan tekanan darah
Dengan meminum 1,7 ons jus delima per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5 persen.
Melindungi gigi
Dengan meminum jus buah delima  merupakan cara alami untuk mencegah plak gigi.
Melindungi jantung
Jus buah delima memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke. Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya.
Melindungi otak bayi
Dengan meminum jus buah delima selama kehamilan membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.
Bagai mana menurut anda, buah ini mungkin tidak sepopuler seperti buah apel dan jeruk, tapi buah ini sangat banyak manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan kita. (Heru Pradiko)

Sumber :
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=216
http://id.wikipedia.org/wiki/Delima
http://factsandhealth.blogspot.com/2012/08/10-manfaat-penting-buah-delima-untuk.html
http://majalahkesehatan.com/delima-buah-ajaib-dari-surga/
http://www.anneahira.com/manfaat-buah-delima-6108.htm
Sumber Gambar:
http://statpub.mobi/?p=32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar