Kamis, 06 Desember 2012

IDETIFIKASI SENYAWA KIMIA PADA TUMBUHAN OBAT (CalophyllumSpectabile WILD)

IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA PADA TUMBUHAN OBAT
(
Calophyllumspectabile WILD)

Isolasi dan identifikasi senyawa kimia yang ada pada kulit kayu calophyllum spectabile Wild telah di lakukan dengan menggunakan pelarut metanol panas.
Hasil ekstrasi, fraksionisasi, pemurnian senyawa di analisis spektrometri ultra lembayung menujukan adanya gugus fungsi karbonil, keton, metil, merilen, dan senyawa denga berat molekul 427 disebut dengan friedelin.

Obat tradisional adalah obat yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang akan di pergunakan dalam pengobatan berdasarkan pengalaman. Dalam rangka peningkatan dan pelaksanaan kesehatan masyarakat, maka obat tradisional perlu di manfaatkan sebaik-baiknya.
Contoh nya tumbuhan Calophyllum Wild adalah salah satu jenis tumbuhan tinggi yang banyak terdapat di daerah hutan tropis basah Asia, seperti Indonesia, Filipina, malaysia, dan India.
 Di Indonesia tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Jawa, Sumatra dan Kalimantan
Seluruh bagian tumbuhan ini dapat di pergunakan dalam terapi penyembuhan beberapa penyakit. Misalnya, kencing berdarah, encok, penyakit kulit, dan pembasmi tikus.
Meskipun sekarang banyak obat-obatan yang terbuat secara sintetik, tetapi tumban sebagai hasil bahan yang berkhasiat obat, seperti banyaknya anti biotik yang di perkenalkan dalam dunia pengobatan dan semua zat tersebut berasal dari tumbuhan ,seperti : penisilin, streptomisin, kloromiseti dan masih banyak tumbuhan lain yang sampai sekarang belum di dikenal sebagai tumbuhan yang berkhasiat obat.
Banyak tumbuhan yang bahannya di pakai dalam obat tradisional yang tak mengenal ilmu pengetahuan modern.
Meskipun pemakaian dari bahan-bahan tersebut tidak memakai dasar-dasar ilmiah yang dapat di pertanggung jawabkan.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada kulit kayu Calophyllum spectabile Wild dengan menggunakan pelarut n-heksana dan etilaseta dengan perbandingan 2:1 di dapat suatu kristal putih yang mengandung beberapa gugusan fungsi yaitu; karbonil, metil, etilen, dan suatu senyawa friedoleonan-3-one.

1 komentar: